E-Artikel: Pusat Bahan Ilmiah UNTAG Semarang

Kunjungan Web

Hari iniHari ini30
KemarinKemarin38
Minggu iniMinggu ini249
Bulan iniBulan ini943
TotalTotal17307

Pengunjung Online

Kami memiliki 15 tamu dan tidak ada anggota online

Selamat datang...

Pengunjung, yth.

Pertama-tama kami ucapkan selamat datang di E-Artikal.Untagsmg.ac.id. Portal ini berisi berbagai artikel ilmiah, baik dalam bentuk e-book, tulisan ilmiah dari para dosen dan mahasiswa, bahan ajar dari para dosen, skripsi para mahasiswa, desertasi, serta tulisan-tulisan lain yang akan menjadi sumber bacaan atau referensi bagi para mahasiswa kampus Untag Semarang, atau bagi masyarakat yang memerlukan pada umumnya.

Bagi masyarakat yang menginginkan versi full teks dari artikel ilmiah tersebut, silakan menghubungi kami atau mengisi form request artikel ilmiah. Selanjutnya kami akan memberikan informasi lebih lanjut detail prosedur untuk mendapatkan artikel ilmiah tersebut.

Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga portal E-Artikel ini bisa kami luncurkan. Semoga bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan di dunia pendidikan.

Tak lupa kritik dan saran selalu kami nantikan agar pelayanan E-Artikel ini menjadi lebih baik.

 

Salam Hormat,

Jalu

Bagaimana caranya agar saya bisa menulis?

Menulis adalah sebuah keterampilan. Seperti keterampilan naik sepeda, membuat topeng, melukis, dan lain sebagainya. Memang banyak orang beranggapan, bahwa menulis itu bakat. Mereka mengatakan "saya tidak bisa menulis". Saat ini, menulis menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa, karena untuk bisa lulus, ada peraturan bahwa tugas akhir seorang mahasiswa adalah menulis jurnal.

Dengan adanya ketentuan tersebut, maka mau tidak mau, suka tidak suka, seorang mahasiswa, harus bisa menulis. Apa saja sih, syarat-syarat untuk bisa menulis? Karena ini sebuah keterampilan, maka tidak ada kata lain, untuk bisa menulis ya teruslah menulis dan jangan bosan berhenti menulis hingga kita benar-benar lancar dalam menuangkan ide dan gagasan yang ada di kelapa.

Panduan Menulis Jurnal Ilmiah

KOMPAS.com - Ada banyak panduan yang bisa membantu Anda dalam menulis sebuah jurnal ilmiah. Panduan yang satu ini, mungkin bisa dijadikan referensi.

Format umum untuk jurnal ilmiah biasanya terdiri dari:
1. Judul;
2. Abstrak;
3. Pendahuluan;
4. Bahan dan metode;
5. Hasil;
6. Pembahasan;
7. Kesimpulan;
8. Daftar pustaka.

Selengkapnya: Panduan Menulis Jurnal Ilmiah

Cara Mengakreditasi Jurnal

Tertanggal 27 Januari 2012, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran mengenai kewajiban publikasi karya tulis ilmiah sebagai syarat kelulusan mahasiswa S-1, S-2, dan S-3.

Dalam surat bernomor 152/E/T/2012 itu disebutkan, setidaknya lulusan S1 harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah. Lulusan S2 diwajibkan telah menghasilkan makalah jurnal ilmiah diutamakan yang terakreditasi Dikti. Bagi S3, diharuskan menerbitkan makalahnya pada jurnal internasional.

Atas kewajiban itu, bila jurnal yang telah ada dirasa kurang mencukupi, maka perguruan tinggi diharuskan membuat jurnal ilmiahnya sendiri. Lantas, bagaimana cara membuat jurnal yang terakreditasi?

Selengkapnya: Cara Mengakreditasi Jurnal

Weblinks

Weblink Untag Semarang


Magisterhukum Untag Semarang


Fisip Untag Semarang


Alumni Arsitektur